Bottom Ad [Post Page]

DUNIA ISLAM

Gerak Cepat. Militer Mesir lantik Presiden Interim

Kairo, - Hakim tertinggi Mesir, Adly Mansour hari ini dilantik sebagai presiden interim negeri itu. Pelantikannya dilakukan sehari setelah pihak militer menggulingkan Mohamed Morsi dari kursi kepresidenan, menyusul aksi demo besar-besaran yang berlangsung di negeri itu.

Pengambilan sumpah Mansour dilakukan di Mahkamah Konstitusi Tertinggi di Kairo, seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (4/7/2013).

"Saya bersumpah untuk menjaga sistem republik dan menghormati konstitusi dan hukum, serta mengawal kepentingan rakyat," kata Mansour saat diambil sumpahnya dalam seremoni pelantikan itu.

Dilansir dari Aljazeera, Kamis (4/7/2013), sosok Mansour yang disukai pihak militer ini, merupakan lulusan dan peraih beasiswa dari institusi pendidikan Prancis, Ecole Nationale de l'Administration.

Mansour telah menjadi Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi Tertinggi sejak tahun 1992 dan dia baru-baru ini, diangkat Morsi sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi Tertinggi.

Pria berumur 67 tahun itu juga pernah bekerja di pengadilan agama negeri. Pengadilan semacam itu melaksanakan peradilan sesuai fatwa agama Islam. Ayah beranak tiga ini sudah sangat berpengalaman menjadi hakim sejak era Presiden Hosni Mubarak.

Dulunya, Mansour juga pernah mensupervisi Undang-Undang Pemilu yang kemudian menjadikan Morsi sebagai Presiden Mesir pada 2012 silam. Kini, namanya melambung menjadi Presiden Mesir, setidaknya untuk sementara waktu hingga pemilu kembali digelar di negeri itu. Detik / azk

About PKS Berau

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.