Bottom Ad [Post Page]

NASIONAL

AHMAD ABDULLAH TERPILIH SEBAGAI PEMBINA JSIT PUSAT



Palembang - Munas JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) Indonesia III telah digelar beberapa waktu lalu di Palembang. Tujuannya untuk mengokohkan organisasi JSIT, menentukan langkah-langkah pendidikan SIT ke arah pendidikan global yang religious, sharing knowledge dan pengalaman bersama tokoh pendidikan Islam dari berbagai negara. JSIT juga berupaya mengembangkan pendidikan yang berkualitas dan religius.

Ketua Umum JSIT Indonesia Syukro Muhab mengatakan, Munas SJIT kali ini merupakan Munas termegah dan terbaik dibanding Munas tahun-tahun sebelumnya. Munas ini juga menjadi Munas yang pertama kali difasilitasi oleh pemerinah daerah dengan menyediakan fasilitas tempat dan penginapan peserta. “Untuk pertama kalinya, Munas JSIT digelar di gedung milik pemerintah. Kami apresiasi dukungan Gubernur Sumsel kepada kami,” ungkapnya.Dari momentum Munas kali ini diharapkan muncul semangat baru untuk mengembangkan pendidikan berbasis sosial kemasyarakatan. Munas yang diselenggarakan untuk yang ketiga kalinya ini dibuka secara resmi oleh Wakil Mentri Pendidikan dan kebudayaan, Prof. Ir. Wiendu Nuryanti, M.Arch, Ph.D dan Gubernur Sumatera Selatan, H. Alex Noerdin.

Alex Noerdin menyatakan bahwa perkembangan Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia sangat luar biasa. Hal ini dilihat dari jumlah peserta Munas yang meningkat tajam, dari 600 peserta pada Munas 2, pada Munas 3 kali ini dihadiri sebanyak 1.765 peserta yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Munas yang diselenggarakan di Wisma Atlit Jakabaring Sport City Palembang ini, juga dihadiri Dewan Pembina JSIT seperti DR. H.M Hidayat Nurwahid, MA, DR. Fahmi Alaydroes, Raihan Iskandar dan Dedi Martoni. Juga menghadirkan tamu-tamu mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Turki dan Pakistan. Tamu-tamu mancanegara dihadirkan untuk melakukan diskusi model pendidikan berkarakter dan berwawasan global yang dibutuhkan saat ini.

“Sebagian besar sekolah-sekolah yang menjadi anggota JSIT Indonesia telah menunjukkan prestasinya baik dalam bidang akademik maupun non akademik di tingkat nasional. Maka pada dekade berikutnya JSIT Indonesia bersiap mengembangkan sekolah-sekolah yang bertaraf internasional dengan tetap mempertahankan nilai-nilai religius”, tegas Sukro yang terpilih kembali untuk memimpin JSIT hingga 2017.

Saat ini JSIT Indonesia memiliki anggota yang tersebar di seluruh Indonesia, yang terdiri dari PAUD, TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK. JSIT Indonesia telah melakukan berbagai aktifitas yang menunjang dalam mensinergikan kekuatan sekolah-sekolah Islam se-Indonesia. JSIT Indonesia juga telah melebarkan sayapnya dalam bekerjasama dengan dunia pendidikan ke berbagai negara di dunia di antaranya dengan ICEE (International Center for Educational Excellence) sejak tahun 2007. Pada 2012 juga menjalin kerjasama dengan AFAQ (Association For Academic Quality) Pakistan terkait dengan perhatian peningkatan mutu sekolah dengan pembentukan Lembaga Akreditasi Sekolah Islam Terpadu untuk seluruh Indonesia. Terkait dengan program pemerintah, JSIT Indonesia terdepan dalam implementasi Pendidikan Karakter.

Pada rangkaian Munas ini, juga dilakukan Konser Kemanusiaan Peduli Pendidikan Palestina dengan menghadirkan penyanyi religi seperti Opick dan Sulis. Opick selain bernyanyi, juga didaulat untuk memimpin penggalangan dana dengan lelang beberapa barang hingga pada konser itu terkumpul dana hingga 800 juta rupiah yang akan dikirim pada Medio 2013 ini ke Palestina oleh KNRP (Komite Nasional Untuk Rakyat Palestina) dan JSIT.

Menjelang ditutupnya Munas ketiga ini, diumumkan susunan kepengurusan pusat Jaringan Sekolah Islam Terpadu priode 2013-2017. Drs. Sukro Muhab, M.Si kembali dipercaya memimpin JSIT untuk masa jabatan empat tahun ke depan, dan dari JSIT Kalimantan Timur ditempatkan dua orang dalam kepengurusan pusat JSIT yakni Ir. H. Ahmad Abdullah, M.Pd yang juga Ketua Komisi IV DPRD Kaltim sebagai Anggota Dewan Pembina dan Dr. H. Saiful Aduar, M.Pd sebagai Ketua JSIT Regional Kalimantan.

Ket Foto: 1. Ahmad Abdullah saat Munas JSIT di Palembang bersama rombongan JSIT Kukar dan 2. Pelantikan JSIT Kaltara di Tarakan

About PKS Berau

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.