Bottom Ad [Post Page]

DAERAH

Pilkada Kaltim: Awang Resmi Mendaftar, Imdad detik Terkahir

SAMARINDA – Sampai tadi malam pukul 23.00 atau satu jam sebelum KPU Kaltim menutup pendaftaran Cagub-Cawagub Kaltim, tercatat baru dua pasangan calon yang mendaftar: Farid Wadjdy-Sofyan Alex dan Awang Faroek-Mukmin Faisyal. Sementara pasangan jalur perseorangan Imdaad Hamid-Ipong Muchlissoni yang sebelumnya mendaftar jalur independen, sampai satu jam sebelum pendaftaran ditutup masih belum menampakkan diri di KPU untuk mendaftar ulang.
“Informasi yang kami terima dari Timses Pak Imdaad, mereka akan datang malam ini. Jadi kita tunggu sampai jam 00.00 dan setelah itu kita tutup,” ujar Ketua KPU Kaltim Andi Sunandar tadi malam di Sekretariat KPU Kaltim di Samarinda.
Informasi yang beredar di kalangan KPU Kaltim tadi malam, Imdaad memang berencana akan mendaftar. Namun mantan Walikota Balikpapan tersebut tidak mendaftar bersama Ipong, namun pasangan barunya yakni Marthin Billa, mantan Bupati Malinau. Marthin sebelumnya digadang-gadang berpasangan dengan Subekti sebagai Cawagub. Namun belakangan Subekti memutuskan mundur dari pencalonannya di Pilgub.
Pukul 22.30, Sunandar mencoba menghubungi Imdaad lewat ponsel dan diterima salah satu staf Imdaad. Mereka kemudian terlibat dalam perbincangan sekitar 10 menit.
“Pihak sana (Imdaad, Red.) katanya masih berdikusi. Tampaknya masih dalam proses persiapan. Belum ada berikan kepastian apakah datang atau tidak. Yang pasti kita tunggu saja sampai jam 12 malam,” ucap Sunandar.
Pagi harinya pukul 10.30, Jl Basuki Rahmat tempat KPU Kaltim berkantor diblokade aparat karena pasangan Awang-Mukmin membawa serta seribu lebih pengurus, kader dan simpatisan parpol pengusung dan pendukung. Tampak arak-arakan hadrah membuka jalan disusul puluhan wanita cantik dengan bermacam baju daerah.
Di KPU Awang-Mukmin disambut para komoisioner dan staf KPUMelalui Ketua KPU Setelah menyerahkan dokumen administrasi, Andi Sunandar menyatakan pasangan tersebut telah resmi terdaftar sebagai Cagub-Cawagub Kaltim.
“Pasangan Awang-Mukmin didukung oleh 10 parpol pemilik 40 kursi di DPRD Kaltim, yang artinya melebihi batas minimal dukungan 15% kursi di parlemen. Setelah hari ini, KPU tidak lagi membuka pendaftaran dan tak memperpanjang apabila syarat-syarat sudah terpenuhi. Kita masih tunggu sampai pukul 24.00,” ungkap Sunandar.
Sampai kemarin sore, sudah dua pasangan yang resmi mendaftar: Awang-Faroek dan Farid-Sofyan. Sebelumnya Imdaad Hamid-Ipong Muchlissoni dan Elvianty-Bob Daud juga mendaftar sebagai pasangan dari jalur perseorangan. Bila Imdaad-Ipong masih diberikan kesempatan untuk mendaftar ulang, namun tidak dengan Elvianty-Bob Daud yang dinyatakan diskualifikasi karena kurang dukungan.
Awang mengatakan, meski ia dan Farid sama-sama mencalonkan diri sebagai Cagub, ia mengaku hubungannya baik-baik saja dengan Wagub Kaltim tersebut. Ia akan cuti selama 14 hari dalam masa kampanye nanti . “Tugas akan didelegasikan ke Sekprov. Untuk anggaran kampanye kita kumpulkan dari sumber yang sah, halal dan gotong royong,” ungkap Awang.
Sementara Mukmin Faisyal mengaku sudah mundur dari jabatan Ketua DPRD Kaltim sejak mencalonkan diri sebagai Cawagub.
“Saya orang yang taat hukum. Saya sudah mundur dari jabatan sebagai Ketua DPRD. Fasilitas juga sudah saya serahkan kepada pengganti sementara yakni Haji Alung (Syahrun, Red). Keputusan telah ditetapkan tinggal diparipurnakan saja,” ujar Mukmin. (fac413)
@azkiaslam

About PKS Berau

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.