Bottom Ad [Post Page]

NASIONAL

Tentang Koalisi by @nastarabdullah “Catatan Tambahan Terkait Caleg Non-Muslim PKS”




Tentang Koalisi 
  1. dalam bhs arab tahalluf, berasal dr kata Al Hilfu yg artinya perjanjian utk slg menolong. Ini kita sepakati dulu yak definisinya
  2. Dalam perjalanannya, banyak perbedaan pendapat soal boleh tidaknya kaum muslimin ber dengan sekuler atau kafir.
  3. Sebagian membolehkan, sebagian lagi mengharamkan. Dengan hujjah masing-masing. 
  4. yg mengharamkn berpedoman pd surah Al Ma’idah ayat 51-52,ttg larangan org beriman mengambil org Yahudi & Nasrani sbg teman setia. 
  5.  Logikanya, dengan org kafir, akan menjauhkan dari Islam dan sebaliknya menjadi wujud wala’ kpd selain Islam.
  6.  Sebaliknya, para ulama haraki yg membolehkan, berpedoman pada fakta bahwa  dengan orang2 kafir pernah ada pada masa Rasulullah.
  7.  Syar’u Man qablana (syariat sblm zaman kita) akan TETAP BOLEH dilaksanakn pada zaman kita jika TIDAK dinasakh oleh syariat kita. 
  8.  Contohnya, patung halal pada zaman Nabi Sulaiman, namun di haramkan stlh Islam dtg dengan nash2 shahih. Fix Dinasakh. 
  9.  Contoh lain seperti haji & sholat, sdh ada sebelum islam dan tetap ada krn tidak dinasakh bahkan dikuatkan oleh syari’at Islam.
  10.  jg sdh ada dimasa jahiliyah.dikenal dgn Hilf al Fudhul, berisi perjanjian Kabilah2 quraisy utk sama2 menolong org2 yg dizholimi
  11. ttg hilf al fudhul, Rasulullah SAW bersabda “..perjanjian yg tdk akan aku batalkan..” 
  12. jg ada Diawal masa kenabian, pertama yaitu ketika Abu Thalib memberikan perlindungan pada Rasulullah SAW
  13. Artinya apa? Peristiwa hilf al fudhul tidak di nasakh.
  14.  jg ada Diawal masa kenabian, pertama yaitu ketika Abu Thalib memberikan perlindungan pada Rasulullah SAW
  15. Abu Thalib berkata “katakanlah apa yang kamu hendaki. Demi Allah, aku tidak akan serahkan kamu pd siapapun selama-lamanya” 
  16. dibuktikannya dgn mengumpulkan Bani Abdul Muthalib & Bani Hasyim saat mengetahui Kaum Quraisy berencana membunuh Nabi Muhammad. 
  17. Mereka semua sepakat, bersatu padu untuk melindungi Baginda Rasulullah SAW. Termasuk mereka yg saat itu kafir. 
  18. inilah yg menjadi latar belakang pemboikotan thdp Bani Abdul Muthalib dan Bani Hasyim. krn perlindungan yg mereka berikan. 
  19. Peristiwa kedu adalah perlindungan yg didapat Rasulullah dr seorg Kafir bernama muth’im bin adi sepulang dari thaif. 
  20. Serta Perintah Rasulullah pd para Sahabat utkke Habasyah semasa ditindas di Makkah untuk mendpt perlindungan dari Raja Najasyi.
  21. hikmah dr rangkaian peristiwa diawal masa kenabian ini, trnyata BOLEH memperoleh bantuan org kafir demi tercapainya misi da’wh.
  22. Dengan catatan, tidak sampai kepada tingkatan patuh atau memberikan loyalitas hingga menggugurkan misi perjuangan. 
  23. Hujjah selanjutny adalah perjanjian yg dibuat oleh Rasulullah dgn kaum Yahudi diawal masa pembentukan negara Islam Madinah. 
  24. Peristiwa yg disebut Piagam Madinah ini menjd dasar terkuat bolehnya menjalin dgn org kafir demi menjaga kebaikan bersama.
  25. Salah satu inti perjanjian tersebut adalah mereka harus bahu membahu dlm mempertahankan Madinah dr serangan musuh. 
  26. jika terjd perselisihan antara pihak yg menjalinkan perjanjian ini, maka tempat rujukan adalah pd Allah dan Nabi Muhammad SAW.
  27. Inilah peristiwa terbesar yg membuktikan bhw mendirikan negara Islam tdk berarti menyingkirkan kaum musyrikin dr masyarakat. 
  28. Lantas bagaimana dengan ayat al-qur’an yg digunakan sbg hujjah utk mengharamkan spt yg disebutkan diawal tadi?
  29. yg saya pahami, Surah Al Ma’idah ayat 51-52 ini sama sekali tdk berkaitan dgn  politik.
  30. Ayat itu merupakan teguran dari Allah SWT kpd org2 munafik yg terus memberikan kepatuhan pd org Yahudi di Madinah. 
  31. Spesifiknya kpd Abdullah bin Ubai yg mendukung kabilahnya, bani qainuqa saat berhadapan dgn Rasulullah SAW. 
  32. Kesimpulannya? Menurut saya, krn tidak ada nash2 shahih yg mengharamkan.  sejenis ttp boleh dilaksanakan.
  33. Soal kaidah-kaidah dan tata tertib, saya percaya penuh dgn org2 yg duduk di majelis syuro. 
  34. Saya tsiqoh, percaya pd kapasitas dan keikhlasan mereka, org2 yg tdk mungkin menggadaikan da’wah hanya krn kepentingan politik. 
  35. utk mereka yg menjadikan berita ‘pendeta nyaleg di PKS’ sbg alat utk demarketisasi, smg Allah memberikan hidayahNya :) 
  36. Udah sih itu aja..mohon maaf kl ada yg krg berkenan, mhn koreksi jg ad kekhilafan




    By : YL

About PKS Berau

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.