Bottom Ad [Post Page]

INTERNASIOAL

Ketakutan israel Semakin Menjadi Pasca Pengakuan Palestina

29 November 2012, 65 tepat 65 tahun yang lalu, israel berhasil mendapat pengakuan PBB menjadi sebuah negara, dan kini situasi itu justru dialami oleh sang musuh, Palestina resmi diakui PBB sebagai negara.  Jurnalis israel mengatakan, "israel kini kena batunya, israellah yang mengajarkan palestina berjuang mendirikan negaranya".

Berbagai usaha cepat dilakukan oleh israel dan sekutu terdekatnya, amerika. Menekan Palestina, Pembangunan 3000 pemukiman baru di Yerusalem hingga lobi-lobi tingkat tinggi terhadap sekutu-sekutu zionis di Eropa. “Mahmoud Abbas menerima tekanan dari Amerika Serikat, Israel, dan negara sekutu di Eropa,” kata Ketua Dewan Nasional Parlemen Palestina, Saleem Alzanun Abu al-Adib kepada delegasi Komisi I DPR untuk Palestina, di Amman Yordania, Senin (3/12) seerti yang dikutip dari republika. Amerika Serikat juga mengancam akan mengurangi representasi Palestina di PBB. Tekanan besar yang diberikan Amerika Serikat ke Palestina tidak lepas dari kekhawatiran Israel. “Israel merasa takut dengan keputusan di majelis PBB,” ujar Saleem.

Saleem menyatakan Israel takut pengakuan Palestina sebagai negara di PBB bakal membawa dampak buruk bagi Zionisme. Peningkatan status Palestina di PBB bisa membuat Palestina memiliki hak untuk mengajukan Israel sebagai penjahat perang ke mahkamah internasional.

“Israel takut jika Palestina menyeret mereka ke meja hijau atas pembunuhan yang mereka lakukan terhadap rakyat palestina, Ahmad Aal-Jabbari, dan Syeikh Ahmad Yassin,” ujarnya.

Di samping soal itu, Israel juga takut pemukiman yang mereka bangun selama ini di tanah Palestina dihancurkan. Sebab pengakuan kedaulatan PBB di Palestina secara otomatis menjadikan wilayah Palestina ikut berdaulat. “Tanah Palestina bukan lagi tanah sengketa. Melainkan tanah yang dijajah Israel,” katanya.

Ketua Delegasi Komisi I untuk Palestina, Mahfudz Siddiq menyampaikan, otoritas Palestina harus segera membangun komunikasi dengan negara-negara pendukung. Ini penting guna meredam dampak ancaman Amerika Serikat, Israel, dan sekutunya. 

Menurut Mahfudz, Palestina harus segera dapat mengalihkan bantuan-bantuan finansial yang selama ini mereka terima ke bantuan yang bersifat pemberdayaan. “Sebaiknya Palestina mengajukan bantuan berupa pembukaan lapangan kerja di Palestina,”

About PKS Berau

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.