Bottom Ad [Post Page]

DAERAH

Lebih Peduli Dengan Pulau di Perbatasan, Pemkab Berau Rencanakan Bangun Bandara di Pulau Maratua

Pulau Maratua
Tak ingin terikut stigma buruk tentang Indonesia yang kurang peduli dengan pulau-pulau terluar, Pemkab Berau merencanakan akan membangun bandara di Pulau Maratua, Pulau terluar di Kabupaten Berau, yang berdekatan dengan Negara Filipina.

Rencana pembangunan Bandara Maratua, Kabupaten Berau tengah memasuki babak baru. Pemkab Berau selaku pemilik otorisasi dari wilayah kepulauan yang terkenal dengan gugusan terumbu karangnya tersebut saat ini tengah membentuk tim yang bertugas menaksir tanah-tanah warga yang akan dijadikan lahan pembangunan bandara.

Demikian dikemukakan wakil Bupati Berau Ahmad Rifai usai memimpin rapat dengan satuan dinas terkait membahas rencana pembangunan bandara di Pulau Maratua, Jumat (23/9).

Menurur Rifai, progress kemajuan pembangunan bandara tersebut saat ini semakin terlihat seiring kucuran dana Rp 5 miliar dari APBD Provinsi Kaltim yang akan digunakan untuk pematangan lahan.

Proses pematangan lahan tersebut bisa dilakukan setelah 13 warga yang lahannya masuk dalam rencana pembangunan bandara secara aklamsi menyetujui pembebasan lahan yang diajukan Pemerintah untuk pembangunan bandara meskipun belum menerima kepastian harga.

Bupati menjanjikan meskipun saat ini belum ditetapkan berapa besaran harga yang diberikan, pihaknya akan tetap membayarkan ganti rugi sesuai dengan harga NJOP yang berlaku pada saat tanah tersebut dibayarkan.

"Karena itu punya masyarakat lahannya ada sekitar 13 orang karena itu harus dibebaskan dan masyarakat disana sudah setuju walau belum ada ketetapan harga namun kita berjanji akan dibebaskan sesuai harga yang pantas untuk masyrakat," katanya. Tribunkaltim

Pulau Maratua adalah  pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Malaysia. Pulau Maratua ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Berau, provinsi Kalimantan Timur. Pulau berbentuk kecil panjang dan lengkung tajam ini berada di sebelah selatan dari Kota Tarakan dengan koordinat 2° 15′12″ LU, 118° 38′41″ BT (di bagian batas luarnya). Di pulau ini terdapat Danau Haji Buang dan Danau Tanah Bamban.

Di perairan sekitarnya terdapat taman laut dan terkenal sebagai wisata selam(diving) dengan kedalaman sekitar lima meter. Terdapat beraneka ragam biota laut di sini, diantaranya cumi-cumi (cuttlefish), lobster, ikan pipa (ghostpipe fish), gurita(bluering octopus),nudibranchs, kuda laut (seahorses), belut pita (ribbon eels) dan ikan skorpion (scorpionfishes).

Beberapa foto panorama indah Pulau Maratua



 




About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.