Bottom Ad [Post Page]

DUNIA ISLAM

Anggota Tetap DK PBB Perlu Dihapus

Perdana Menteri (PM) Turki Recep Tayyip Erdogan mendesak dihapuskannya anggota tetap Dewan keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB).

"Sebenarnya, reformasi sangat diperlukan di PBB. Anggota tetap DK PBB harus dihapuskan," ujar PM Erdogan, seperti dikutip Trend,Rabu (28/9/2011).

PM Erdogan mengatakan, seluruh negara di dunia ini tampak seperti budak dari kelima negara anggota tetap DK PBB tersebut yang memegang hak veto.

Kepemilikan hak veto oleh lima anggota tetap DK PBB memang tampak menjadi suatu hal yang cukup menjadi perhatian masyarakat internasional. Pasalnya, bila satu negara menggunakan hak tersebut, segala macam keputusan yang ada di DK PBB akan batal.

Anggota Tetap DK PBB adalah Amerika Serikat (AS), Rusia, China, Inggris dan Prancis. Banyak yang mendesak agar kepemilikan hak veto ini ditinjau ulang karena hak tersebut dianggap membuat masalah internasional menjadi berlarut-larut.

Belakangan ini, AS pun dikabarkan akan menggunakan hak vetonya untuk menjegal tindakan Palestina yang meminta pengakuan dan keanggotaan di PBB. Apabila AS benar-benar menggunakan vetonya, upaya Palestina menjadi sia-sia. okezone

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.