Bottom Ad [Post Page]

DUNIA ISLAM

Dibalik Tragedi Pembantaian Norwegia. Ada Apa Dengan Islam Norwegia?

Masih segar dalam ingatan kita akan tragedi pembantaian terhadap 70 orang yang sedang berkemah di sebuah pulau di Norwegia. Ya, Anders Behring Breivik, 32, ekstrimis kanan kristen ini tanpa sungkan mengakui bahwa dirinyalah yang melakukan aksi gila tersebut. Di Eropa, nama Anders Behring Breivik (32-tahun) menjadi yang paling dibenci. Namun, banyak yang meyakini, penembakan terhadap sekitar 70 orang bukannya tanpa ekses. Breivik tampaknya orang yang resah akan kemajuan Islam di Norwegia. Bagaimana sebenarnya gerakan Islam di negara itu?

Islam adalah agama minoritas terbesar di Norwegia, yang terdiri antara 2,0% dan 3,4% dari populasi seluruhnya. Pada tahun 2007, statistik pemerintah mencatat sekitar 79.068 orang Islam di Norwegia, sekitar 10% lebih banyak dari tahun 2006. 56% tinggal di kabupaten Oslo dan Akershus.

Seperti kebanyakan di negara Eropa, orang Islam di Norwegia sebagian besar memiliki latar belakang imigran, dengan keturunan Pakistan sebagai kelompok yang paling banyak dan dikenal. Masyarakat Islam di Norwegia sangat beragam, tetapi banyak masjid dikelola oleh Dewan Islam Norwegia (Islamsk Rad Norge).

Sejarah Islam di Norwegia, sebenarnya sangat kuat. Konon Henrik Wergeland (salah satu tokoh besar Norwegia dalam sejarah modern dan salah satu dari bapak-bapak konstitusi Norwegia) adalah seorang Muslim. Kenyataan ini ditutupi selama bertahun-tahun namun, ternyata belakangan ini, dari surat-surat Wergeland yang dikirim kepada ibunya disimpulkan bahwa ia mengaku sebagai orang Islam.

Bagi umat Islam, awalnya Norwegia bukanlah negara yang menarik, karena cuaca dingin dan ekonomi yang miskin sebelum tahun 1960-an. Setelah penemuan minyak di Norwegia, barulah orang-orang berbondong-bondong menuju Norwegia, termasuk orang Islam dari Turki dan Norwegia.

Sampai tahun 1970, umat Muslim di Norwegia benar-benar sangat minoritas. Setelah tahun 1985, jumlah umat Islam mulai meningkatkan karena imigran dan mahasiswa. Selain itu, beberapa orang Norwegia asli sendiri mulai masuk Islam. Jumlahnya? Siapapun yang mempunyai perasaan dengki terhadap Islam akan sangat takut karena sekarang tidak ada seorangpun yang dapat menyangkal bahwa kini Islam telah menjadi agama kedua yang terbesar dan agama tercepat berkembang di Norwegia.

Penduduk Muslim di Norwegia tidak diketahui persis, tetapi kira-kira 300.000 dari 4.500.000

Apalagi dalam beberapa tahun ini. Liputan media terhadap aktivitas keislaman di Norwegia menjadi sangat dominan. Agama kemudian menjadi isyu yang sangat penting bagi rakyat Norwegia. Orang-orang Muslim di Norwegia—tidak seperti di negara-negara Eropa lainnya—bisa membentuk berbagai macam insitusi Islam. Bahkan mereka juga bisa mendirikan yurisrudensi Islam. Jangan lupakan, Norwegia adalah negara pertama yang memboikot produk-produk Israel beberapa waktu setelah kejadian invasi Israel ke Gaza pada awal tahun 2009.

Integrasi masyarakat Muslim di Norwegia terhadap negara itu merupakan yang paling baik daripada integrasi masyarakat Muslim di banyak negara. Hal ini disebabkan oleh pemerintah Norwegia memberikan dukungan bagi mereka yang memiliki kesulitan dalam menyatu dengan masyarakat.

Ada umat Islam yang aktif di semua partai politik, kecuali yang paling kanan. Akibatnya, umat Islam dapat dilihat di parlemen dan komunal parlemen juga. Sama seperti di negara Barat lainnya, propaganda anti-Islam juga kencang.

Namun, propaganda anti-Islam di Norwegia tidak pernah begitu menganggu sebelumnya. Sampai akhirnya meledaklah peristiwa Breivik, yang telah membantai 70 orang lebih di Pulau Oetoya, dan menurut laporan terbaru, mereka semua adalah Muslim.
eramuslim.com

About PKS Berau

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.