Bottom Ad [Post Page]

NASIONAL

'Catatan Harkitnas' Hidayat Sangat Tepat!

l17701687148_3241 Menyambut Hari Kebangkitan Nasional tahun ini, Ketua MPR Hidayat Nur Wahid memberi cacatan yang cukup unik. Semangat Harkitnas, kata mantan Presiden PKS itu, akan lebih efektif bila diterapkan dengan mendukung pelaksanaan pemilihan presiden yang jujur dan adil. Mengapa?

Tentu saja catatan Hidayat ini tak hanya ditujukan kepada masyarakat pemilih semata, tetapi juga kepada para pemimpin nasional dan pihak penyelenggara pemilu. Terkesan kuat bahwa Hidayat begitu meyakini bahwa pemimpin yang baik pasti akan membawa rakyatnya bangkit dari keterpurukan.

Karena keterpurukan atau kebangkitan sebuah bangsa sangat ditentukan oleh faktor kecakapan para pemimpinnya, maka semangat Harkitnas (yang kali ini jatuh berdekatan dengan masa pemilihan presiden) sangat patut diekspresikan juga dengan tekad rakyat untuk memilih pemimpin yang terbaik.

Di sisi lain, Komisi Pemilihan Umum sebagai lembaga penyelenggara pemilu juga diharapkan mampu mempersiapkan pelaksanaan Pilpres 2009 dengan sebaik-baiknya. Kekisruhan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang terjadi pada Pemilu Legislatif 9 April lalu tak boleh terulang lagi, karena nyata-nyata telah merugikan hak politik jutaan rakyat Indonesia.

Sungguh bijak, imbauan Hidayat kepada semua pihak untuk membantu KPU membenahi Daftar Pemilih Sementara (DPS), agar seluruh rakyat tak kehilangan hak politik untuk memilih pemimpin bangsa sekaligus menciptakan pemilu yang berkualitas.

KPU sendiri telah mengeluarkan DPS untuk Pilpres 2009 pertengahan Mei lalu dan masih menangguhkan tanggal pengumuman DPT hingga akhir Mei 2009. Artinya, masih ada kesempatan bagi masyarakat untuk memastikan namanya tercantum dalam daftar tersebut. Masyarakat yang belum tercantum namanya di DPS dipersilakan mendaftarkan diri ke kantor kelurahan setempat.

Saya juga sangat setuju dengan pendapat Hidayat bahwa Harkitnas yang jatuh pada 20 Mei ini perlu selalu disikapi dengan semangat untuk bersama-sama membawa bangsa ini ke arah yang lebih maju lagi. Bravo Hidayat!

Ninok Irianto

cubleksuweng@yahoo.com

on inilah.com

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.