Bottom Ad [Post Page]

KOLOM AKHWAT

Apa amalan unggulanmu ??!!

Pernah denger Nasyid plesetan ala gondes (dengan nada AKU TAK BIASA-nya Alda) ? ;

"Aku tak biasa..... sholat fardhuku sendirian, Aku tak biasa sehari tanpa baca quran....(afwan gondes...lupa)....Aku tak biasa tak punya amalan unggulan..."  Dulu siy, pertama kali denger cuma ngerasa lucu dan sedikit malu tapi ya...gitu gitu aja, abis itu lewat dah!

Nah, ketika gue ketemu dengan seorang ukhti baru-baru ini (kami baru melakukan ta'aruf mendalam), dia banyak banget ngasih gue inspirasi terutama untuk melakukan amalan unggulan dan menuliskan ini dalam multiply (for share aja). Ketika itu, dia bercerita tentang temen2 dia yang dia kagumi dengan amalan unggulan masing-masing yang membuat mereka merasa lebih dan lebih dekat dengan Allah.

Yaaa...bukan bermasuk itung-itungan sama amal siy, tapi konteksnya adalah persembahan terbaik kita buat Allah (kayak zaman habil dan qobil dulu). Allah emang ga butuh apapun, tapi sebagai hamba kalo pengen dapte cinta yang lebih spesial dari Allah ya kudu ngasih persembahan terbaik buatNya kan?

Akhwat A berkata, " Ana lebih senang mengamalkan sholat dhuha, wah..udah waktunya tenang, ga buru-buru dan rasanya damai banget, delapan rakaat itu ga berasa lama deh. Lain halnya kalo tahajud kadang jadi buru-buru karena ngerasa masih ngantuk, ga khusyu' deh."

Akhwat B bilang," Ana sebaliknya ukh....ana lebih suka qiyamul lail, jadi jiddiyahnya teruji. Karena bangunnya susah, ana ngerasa sayang banget kalo cuma dikerjain dua rekaat dan sambil terkantuk-kantuk."

Akhwat C adalah jenis akhwat yang sangat menjaga kedekatannya dengan Al Quran, Menurut dia kedekatan dengan Allah berkorelasi positif dengan kedekatannya sama Al Qur'an. So....tu Akhwat, kalo di form mutabaah tilawahnya bikin kita tercengang dan hafalannya juga subhanallah! Kalo mau dibayangin dengan tempat kerja dia yang sangat tidak kondusif (dia jagain toko busana muslimah yang bersebelahan pas dengan toko VCD/CD musik yang selalu muter dengan sound yang luar biasa), maka kita akan ngelihat gimana kesungguhan dia untuk selalu dekat dengan Al Quran

Sedangkan Akhwat D merupakan jenis akhwat yang selalu memuliakan tamu-tamunya. Siapapun yang bersilaturahmi ke rumahnya pasti akan merasa gimanaaaaa....gitu karena perilakunya yang begitu santun dalam melayani tamu. Ga pernah tuh dia nunjukin muka bete kalo ada yang datang sesibuk apapun kondisinya. Kalo kita mah pasti udah ngasih sinyalmen-sinyalmen pengusiran kali ye.....

Akhwat E adalah akhwat yang sangat patuh terhadap keputusan qiyadah. Sami'na wa atho'na-nya tinggi banget deh. Gue kehabisan kata-kata untuk menggambarkannya

Akhwat F....dia sangat pemaaf dan gampang melupakan keburukan yang telah dilakukan oleh orang lain. Kalo kita siangnya dimaki-maki, mpe beberapa hari pasti masih demek. Tapi dia mah ga. Malemnya juga udah nyapa dan senyum lagi sama yang udah bikin dia sedih.

Akhwat G...wah...dia itu mengidolakan Abdullah bin Rahawah, salah satu sahabat nabi yang dijamin masuk surga karena dia ga pernah menyimpan prasangka terhadap sodaranya bahkan sebentuk gil (lintasan hati). Karena itu, dia selalu berusaha beprasangka baik terhadap siapapun dan apapun kondisi yang dia temui.

Akhwat H.....dia sangat militan. Walaupun dari struktural tidak terlalu aktif, komitmennya terhadap jamaah luar biasa. Dia selalu menyediakan apapun yang ada pada dirinya untuk berkontribusi terhadap dakwah. Tanpa keluh dan tanpa protes!! Walaupun pada saat itu sebenernya mungkin dia pun sedang dalam kesulitan. Yaah...meskipun kadang gue bete dengan sikap dia yang kelewat baik jadi sering dimanfaatin jadi keset kaki sama banyak orang yang suka memanfaatkan dia.

Akhwat I.....dia selalu menjaga ketepatan sholat waktunya

Akhwat J....dia rajin sekali bersedekah

Akhwat .....

......

Akhwat Z...................

Banyak banget temen-temen kita yang memiliki amalan unggulan dalam kesehariannya. Gue pribadi kadang ngerasa malu kalo temenan sama orang-orang yang punya amalan unggulan tersebut. Karena emang ngerasa ga punya apa-apa. Tapi gue ga akan nyerah untuk berbuat kebaikan dan melakukan amalan-amalan unggulan biar semakin disayang Allah.

……

Nah Gimana dengan Anda? Apa amalan unggulan anda??!

(Calie)

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.